PERAWATAN MOBIL


Perawatan mobil adalah suatu keharusan, ada beberapa cara cerdas untuk menghemat uang saat Anda melakukannya. Berikut adalah 10 ide untuk menghemat uang Anda ketika datang ke perawatan mobil atau bengkel.
  1. Mulailah Kenal Dengan Buku Panduan Kendaraan – Didalam buku manual tersebut diuraikan tentang prosedur pemeliharaan yang tepat dan interval tentang penggantian suku cadang untuk selalu menjaga mobil Anda dalam kondisi prima. Salah satu yang terpenting adalah mengetahui jadwal servis berkala yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil tersebut.
  2. Selalu Tepat Jadwal – Kebanyakan pembuat mobil menyarankan untuk sebuah jadwal pemeliharaan mobil dalam mode “normal” atau “tugas berat”. Untuk pemakaian mobil yang normal maka jadwal dan penggantian cairan seperti oli akan sesuai dengan jadwal yang telah dicantumkan dalam buku manual. Akan tetapi untuk pemakaian mobil yang dipakai tiap hari seperti taxi, jasa penyewaan mobil yang mobilitasnya tinggi maka pemeliharaan dan penggantian suku cadang akan lebih sering terjadi mengingat “tugas berat” yang dijalankan oleh mobil tersebut.
  3. Perikasa Batas Ketinggian Oli – Meskipun banyak bengkel atau pabrikan merekomendasikan untuk interval penggantian oli mesin setiap 10.000 km, akan tetapi hal tersebut tidak ada alasan Anda juga harus selalu mengecheck batas ketinggian oli sesering mungkin. Bengkel yang setuju akan hal tersebut melaporkan bahwa mereka melihat lebih banyak mobil yang datang untuk penggantian oli dengan tingkat ketinggaian minyak mereka menjadi beberapa liter lebih rendah. Hal ini akan menjadi bencana ketika dibiarkan terus dan akan mengenai mesin. Namun hal itu adalah normal untuk sebuah mobil tua.
  4. Jaga Air Radiator Tetap Penuh – Ketika Anda memeriksa kondisi dan ketinggian oli setiap bulan, maka seharusnya juga dibarengi dengan memeriksa air radiator pada saat yang sama. Posisi air radiator dan cairan cadangannya bisa dilihat melalui buku panduan, biasanya terletak paling depan di ruang bakar. Untuk diperhatikan gunakanlah selalu cairan khusus untuk radiator bukan memakai air biasa hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya karat atau korosi dalam waktu yang cepat.
  5. Periksa Baterai – Pada umumnya umur baterai mobil berkisar antara 3 sampai 5 tahun sebelum hal itu perlu untuk dilakukan penggantian namun juga tergantung dari penggunaannya. Sekarang ada beberapa jenis baterai yang mempunya semacam indikator yang menunjukkan bahwa baterai tersebut masih bagus, butuh tambahan cairan atau perlu di-charge ulang. Meskipun indikator tersebut tidak selamanya akurat.  Salah satu masalah yang paling umum yang bisa terjadi pada baterai mobil Anda adalah korosi yang dapat terbentuk pada terminal baterai. Jika terminal tesebut terlihat seperti telah tumbuh semacam lumut hijau, maka gosoklah yang lembut dengan sikat gigi bekas dan campuran 50-50 air dan baking soda. Bersihkan terminal baterai memungkinkan Anda untuk memiliki hubungan yang solid. Pastikan kabel baterai Anda terikat kuat ke terminal sehingga aliran arus bisa terjadi sempurna dan komponen-komponen yang butuh kelistrikan bisa berfungsi dengan baik.
  6. Periksa Kolong Mobil Anda – cek kondisi bawah mobil, pastikan Anda memeriksa kolong bawah mobil Anda sesaat setelah Anda parkir. Hal ini dikarenakan mobil Anda mengangkut beberapa cairan-cairan yang berbeda untuk menunjang kinerja mobil sehingga cairan-cairan tersebut harus selalu berada di dalam mobil dan memastikan tidak ada cairan yang bocor di tanah. Penurunan ketinggian oli dan tetesan air yang terkondensasi dari AC bisa menyebakan alarm. Pastikan cairan yang menetes di tanah bukan berwarna kuning, hijau, merah atau pink. Warna-warna ini merupakan pertAnda akan masalah serius dengan komponen-komponen mobil seperti rem, transmisi atau sistem pendingin.
  7. Ganti Komponen Filter Secara Teratur – adalah sangat penting untuk mengganti filter udara dan filter bahan bakar secara teratur dan terutama ditekankan pada penggantian filter bahan bakar. Penyebab paling umum kegagalan pompa bahan bakar adalah karena filter bahan bakar kotor. Etanol dalam bensin memungkinkan untuk terjadinya sedimen/endapan yang berada di bawah tangki sehingga sedimen/endapan tersebut bisa menyumbat filter bahan bakar ketika digunakan. Hal ini dapat dicegah dengan tidak membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong, dan mengisi ulang lebih sering. Disisi lain filter udara tidak sekritis filter bahan bakar dalam hal penggantian.
  8. Periksa Tekanan Ban – Belilah alat ukur tekanan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil Anda. Pastikan ukuran tekanan sesuai dengan yang direkomendasikan seperti pada buku panduan. Dengan menjaga tekanan ban akan mencegah terjadinya keausan dini pada ban. Tekan ban yang cukup juga akan memningkatkan kemampuan pengendalian mobil. Jangan terlena bahwa pengukuran tekan ban di pom bensin adalah akurat;  ternyata pada banyak kasus hal itu tidaklah demikian.
  9. Menjaga Penampilan Mobil Anda – Apabila Anda menginginkan mobil Anda tetap bersinar, maka seringlah mencuci mobil dan dua kali setahun disalon. Hal itu akan meningkatkan nilai jual kembali mobil Anda dengan mempertahankan interior dan eksterior mobil Anda. Anda juga akan merasa lebih baik dan nyaman apabila mengemudi dengan mobil yang bersih dan mengkilap.
  10. Mulai Mencari Tahu Mekanik Mobil – Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah hubungan dengan mekanik Anda. Biaya perbaikan sangat berbeda jauh apabila Anda melakukan servis dibengkel dibandingkan Anda melakukannya di rumah tentu setelah Anda telah menemukan mekanik yang dapat Anda percaya terutama jika anggaran Anda terbatas, maka mereka dapat membantu Anda membantu dan memprioritaskan tugas-tugas pemeliharaan dan perbaikan.


Mobil Anda akan mengucapkan terima kasih untuk perawatan ini
Apabila Anda mempraktekkan 10 langkah dalam perawatan dan pemeliharaan ini, maka Anda akan menghemat dan terhindar dari masalah keuangan. Tetap menginformasikan kondisi dan sejarah perawatan mobil Anda dan selalu mencoba mengikuti saran-saran dari pabrikan dan jadwal perawatan sesuai yang ada pada buku panduan.
Berbuatlah yang baik pada mobil Anda, maka mobil Anda juga akan baik untuk Anda.

0 Response to "PERAWATAN MOBIL"

Post a Comment