Jaringan Telekomunikasi GSM

Global System for Mobile communication (GSM)
Mungkin semua orang sudah sangat sering mendengar kata diatas. GSM adalah standar yang diterima secara global untuk tujuan  komunikasi selular digital. GSM merupakan nama group standardisasi yang di mapankan pada tahun 1982 untuk menghasilkan standar telepon bergerak di eropa, GSM system selular radio bergerak yang bekerja pada frekuensi 900 Mhz. Dan diperkirakan banyak negara lainnya diluar eropa akan turut menggunakan teknologi GSM, untuk lebih jelasnya mengenai GSM anda dapat mencari lewat saudara gooogle.
Jaringan Telekomunikasi GSM dibagi menjadi tiga sistem utama: sistem switching (SS), sistem base station (BSS), dan sistem operasi dan support (OSS). Elemen dasar jaringan GSM di tunjukkan pada gambar berikut.
Secara singkat saya akan menjelaskan apa itu sistem switching (SS), sistem base station (BSS), dan sistem operasi dan support (OSS).
Sistem Switching (SS)
Dalam Jaringan Telekomunikasi GSM, Sistem Switching memiliki tanggung jawab dalam  melakukan proses panggilan dan fungsi-fungsi pelanggan. Sistem switching mencakupi fungsional unit sebagai berikut :  Home Location Register (HLR),  Mobile Services Switching Center (MSC), Visitor Location Register (VLR), Aunthetication Center (AUC), Equipment Identity Register (EIR).
Base Station System (BSS)
Seluruh fungsi dari radio dilakukan pada BSS, hal ini meliputi :
1. Base Station Controller (BSCs) . BSC menyediakan fungsi pengawasan dan hubungan fisik antara MSC dan BTS. BSC merupakan switch berkapasitas tinggi yang melakukan fungsi sebagai handover, data konfigurasi cell, dan kontrol level daya radio frequency (RF) di base transceiver stations. Sejumlah BSC dapat dilayani oleh MSC.
2. Base Transceiver Stations (BTSs). BTSmenangani antarmuka radio ke mobile station. BTS adalah perlengkapan radio yang diperlukan untuk melayani setiap panggilan di masing-masing cell dalam suatu jaringan.
Operation and Support System
Operation and Maintenance Center (OMC) tersambung ke seluruh perlengkapan sistem switching dan ke BSC. Implementasi dari OMC disebut operasi dan support sistem (OSS). OSS merupakan wujud fungsional dari pemantauan jaringan operator dan pengontrollan sistem. Kegunaan dari OSS adalah untuk menawarkan ke langganan biaya efektif support untuk sentralisasi, regional, dan lokal operasional dan aktivitas pemeliharaan dimana diperlukan untuk jaringan GSM. Fungsi yang penting dari OSS yaitu memberikan gambaran jaringan dan dukungan aktivitas pemeliharaan dari operasi yang berbeda dan pemeliharaan organisasi.
Nah, itu sebagian kecil dari sistem utama dari Jaringan Telekomunikasi GSM. Selanjutnya saya akan membahas Base Station 241. Apa itu Base Station 241? Base Station 241merupakan generasi terbaru dari produk Siemens yang berfungsi sebagai stasiun pemancar dan penerima perangkat GSM.
Adapun perangkat yang ada di Base Station 241 adalah COBA (Core Base), CU (Carrier Unit) dan FCU (Flexible Carrier Unit), DUAMCO (Duplexer Amplifier Multicoupler), LMT (Local Maintenance Terminal), Power Supply, Transmisi, IDU (Indoor Unit), ODU (Outdoor Unit).

0 Response to " Jaringan Telekomunikasi GSM "

Post a Comment